Search

Kulon Progo bangun jalan Prangkokan-Ngori 2,6 kilometer

Kulon Progo (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan membangun jalan Prangkokan-Ngori sepanjang 2,6 kilometer di Desa Kebonharjo, Samigaluh, dengan alokasi anggaran Rp2 miliar.

"Pembangunan jalan Prangkokan-Ngori untuk melanjutkan program pembangunan jalan Bedah Menoreh 2018," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kulon Progo Agus Langgeng di Kulon Progo, Sabtu.

Ia mengatakan alokasi anggaran Rp2 miliar untuk pembangunan jalan trase baru menggantikan jalan Prangkokan-Ngori di Desa Kebonharjo.

Program bedah Menoreh dilaksanakan bertahap sesuai kemampuan keuangan daerah.

Pemkab Kulon Progo sudah mengusulkan ke Pemprov DIY untuk percepatan penyelesaiaan pembangunan jalan Bedah Menoreh sepanjang kurang lebih 63 km.

"Mulai 2019, DIY sudah sanggup akan melakukan studi kelayakan dan menyusun rencana detail teknis (DED) jalan Bedah Menoreh yang belum diselesaikan kabupaten," kata Langgeng.

Kepala Bidang Bina Marga DPUPKP Kulon Progo Nurcahyo Hudi Wibowo mengatakan pihaknya harus memindahkan ruas jalan Prangkokan Ngori karena medan cukup berat.

Menurutnya, pengadaan tanah untuk pembuatan jalan baru sudah diselesaikan di 2017.

"Dana Rp2 miliar dialokasikan untuk pembangunan badan jalan sepanjang 2,6 km. Sedangkan untuk pembangunan jembatan akan diusulkan melalui dana keistimewaan (danais)," katanya.

Ia memperkirakan kebutuhan anggaran pembangunan trase jalan baru dan jembatan sekitar Rp26 miliar. Penyelesaian akan dilakukan bertahap.

"Tahun ini difokuskan untuk pembangunan badan jalan, belum pengaspalan," kata Nurcahyo.

Ia mengatakan program pembangunan jalan Bedah Menoreh dilakukan secara bertahap, dan setiap tahun terus dilaksanakan. Selesai pembangunan jalan Prangkokan Ngori, dilanjutkan pembangunan jalan Ngori Sirguyu.

Selama dua tahun terakhir, Pemkab Kulon Progo melakukan peningkatan jalan Dekso Ngargosari dan jalan Tegalsari (Temon) yang menjadi jalur bedah Menoreh sepanjang kurang lebih 9 km.

DIY tahun ini akan melanjutkan peningkatan jalan Tegalsari (Temon) antara Desa Jatimulyo, Girimulyo dan Desa Hargotirto, Kokap sepanjang kurang lebih 4 km.

"Pemerintahan DIY mendukung program pembangunan jalan bedah Menoreh yang sedang dilaksanakan kabupaten," katanya.

(U.KR-STR)

Baca lagi lanjutan nya http://ift.tt/2qzoKFI

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kulon Progo bangun jalan Prangkokan-Ngori 2,6 kilometer"

Post a Comment

Powered by Blogger.