Search

Harga bawal putih tangkapan nelayan Depok naik

Bantul (Antaranews Jogja) - Harga ikan bawal putih hasil tangkapan nelayan di wilayah Pantai Depok, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada pekan ini naik signifikan dibanding sebelumnya.

"Hasil tangkapan ikan nelayan Pantai Depok tidak terlalu banyak, namun harganya itu, khususnya bawal putih yang mahal," kata Ketua Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Mina Bahari 45 Depok Tarmanto di Bantul, Rabu.

Menurut dia, pada minggu ini bawal putih yang ditangkap nelayan pantai Depok di TPI harganya hingga mencapai Rp350 ribu per kilogram, padahal sebelumnya atau normalnya rata-rata pada kisaran Rp200 ribu per kilogram.

Ia mengatakan, kenaikan harga bawal putih sudah dirasakan nelayan Depok sejak 10 hari terakhir, kenaikan harga ikan bawal putih terjadi secara bertahap dan hingga beberapa hari terakhir mencapai Rp350 ribu per kilogram.

"Yang jelas dapat dua sampai tiga ekor bawal putih sekali melaut nelayan sudah mendapat keuntungan, apalagi sampai ada yang mendapat sampai lima kilogram. Saat ini memang sedang musim ikan bawal putih," katanya.

Tarmanto yang juga nelayan Pantai Depok ini mengatakan, kenaikan harga bawal putih ini dikarenakan menjelang Tahun Baru Imlek 2569 yang jatuh pada 16 Februari 2018, pihaknya tidak tahu pasti penyebab, namun kondisi ini sudah terjadi tiap tahun.

"Pengalaman tahun lalu kenaikan harga bawal putih ini sampai tiga hari menjelang Imlek, jadi pada Desember-Januari-Februari ini sedang musim bawal putih, dan ini yang membuat para nelayan memburu bawal putih," katanya.

Menurut dia, bawal putih hasil tangkapan nelayan Depok yang dibeli TPI Depok langsung dibeli pengepul atau pedagang besar yang kemudian dibawa ke luar daerah, bahkan luar negeri untuk mencukupi permintaan konsuman.

"Oleh pengepul informasinya di ekspor ke Taiwan, Tiongkok, karena kalau untuk memenuhi kebutuhan lokal, jelas tidak mampu beli," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Bantul Pulung Haryadi ketika dikonfirmasi membenarkan tingginya harga bawal putih tangkapan nelayan pada musim ini, sehingga hal itu menguntungkan nelayan pantai selatan.

"Musim bawal putih di pantai selatan sudah dua bulan ini dan akhir-akhir ini harga jualnya luar biasa mahal, beberapa waktu lalu saat saya ke sana sekitar Rp280 ribu per kilogram, mungkin sekarang sudah naik lagi," katanya.

(T.KR-HRI)

Baca lagi lanjutan nya http://ift.tt/2BHabAx

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Harga bawal putih tangkapan nelayan Depok naik"

Post a Comment

Powered by Blogger.