Search

Bupati: kenakalan remaja bisa dipengaruhi orang tua

Sleman (Antaranewsjogja) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Purnomo mengatakan kenakalan remaja yang dilakukan pelajar tidak hanya dipengaruhi oleh lingkungan sekolah saja, tetapi juga bisa datang dari orang tua.

"Pengaruh kenakalan remaja juga dapat datang justru dari orang tua dan perkembangan teknologi informasi," kata Sri Purnomo dalam Sarasehan Hari Jadi SMA Negeri 1 Ngaglik Sleman, Jumat.

Menurut dia, tidak sedikit orang tua yang merasa cukup memenuhi kebutuhan anak sebatas materiil saja. Dengan demikian para orang tua lebih sibuk mencari uang dibandingkan menemani anaknya.

"Hal tersebut dinilai akan berdampak kepada anak dengan merasa kekurangan kasih sayang dan perhatian sehingga mencari jati diri di tempat lain," katanya.

Ia mengatakan, jika anak merasa kurang kasih sayang dan perhatian, sehingga mencari jati diri ditempat lain.

"Dengan kondisi tersebut remaja sangat mudah tergabung ke dalam kumpulan-kumpulan (geng), atau masuk ke pergaulan yang mengarah kepada hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Sri Purnomo juga menyebut perkembangan teknlogi informasi dapat memiliki dampak negatif dan memicu hal yang tidak diinginkan, dalam hal ini kenakalan remaja.

"Banyak sisi positif yang bisa di dapat dari perkembangan teknologi informasi akan tetapi perlu peran orang tua, dalam hal ini mengawasi para anak dalam mengakses informasi," katanya.

Ia mengatakan, seluruh instansi yang ada di Kabupaten Sleman bersama Kapolres Sleman dan Dandim Sleman sampai jajaran kecamatan kita terus berupaya untuk bersinergi untuk meminimalisir kenakalan remaja.

Jurnalis senior Octo Lampito yang turut menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa anak-anak saat ini membutuhkan teladan. Dalam hal ini media memiliki andil dalam mempengaruhi kepribadian remaja.

"Saya melihat, ketika para pelajar melakukan hal yang seperti itu, tentu ada faktor internal. Seperti halnya di media. Kita lihat tayangan-tayangan tentang masalah keluarga. Dari sini media itu sangat berpengaruh sekali," katanya.

(V001)

Baca lagi lanjutan nya http://ift.tt/2DTuFMa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bupati: kenakalan remaja bisa dipengaruhi orang tua"

Post a Comment

Powered by Blogger.