Search

Haul Gus Dur diperingati dengan pameran foto

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Puncak Sewindu Haul Alm KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di Yogyakarta, Senin, diperingati dengan pameran puluhan foto yang merefleksika nilai-nilai yang diperjuangkan Presiden Indonesia keempat itu.

Acara pameran bertajuk "Membingkai Gus Dur Membingkai Indonesia" di Kampus Universitas Sanata Dharma itu digelar oleh gabungan berbagai komunitas, organisasi, institusi, dan relawan bekerjasama dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

"Kami berharap bisa menjadi media menyampaikan gagasan yang diperjuangkan Gus Dur selama ini," kata Koordinator Pameran Mohammad Pandu.

Menurut Pandu, pameran foto yang dibuka oleh putri Gus Dur, Alissa Wahid tidak memamerkan foto-foto sosok Gus Dur. Sebagian besar foto yang dipamerkan justru membingkai nilai-nilai yang selama ini diajarkan Gus Dur dalam kehidupan nyata.

Seperti foto bertajuk "Postcard From Indonesia" yang dipajang dalam pameran itu. Foto-foto karya salah seorang peserta pameran, Yoga Bagus Statagama itu menggambarkan kerukunan warga di tumbuh dengan agama yang berbeda. Dalam foto-foto yang diambil di Tuban, Jawa Timur, Lasem dan Tuban, Jawa Tengah itu memotret aktivitas masyarakat Tionghoa dan Muslim.

"Menurut kami memperingati haul Gus Dur bukan hanya lewat pengajian atau acara diskusi lintas iman, karena sosok Gus Dur itu juga seniman," kata Pandu.

Sementaa itu, Alissa Wahid mengapresiasi insiatif para pecinta Gus Dur maupun fotografer yang menggagas pameran itu. Ia berharap pameran itu bisa menjadi sarana untuk menggali kembali apa yang dahulu diperjuangkan oleh Gus Dur dan mampu mengambil insparasi serta menyesuaikannya dengan kondisi saat ini.

"Karya-karya fotografi ini lebih dari sekadar hanya soal indah dilihat, tapi makna yang terkandung memperlihatkan keberagaman Indonesia dari berbagai aspek," kata Alissa.

(T.L007)

Baca lagi lanjutan nya http://ift.tt/2BY09Lk

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Haul Gus Dur diperingati dengan pameran foto"

Post a Comment

Powered by Blogger.