Search

Sleman menyiapkan skala prioritas pembangunan pada 2019

Sleman (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyiapkan sejumlah prioritas dalam program pembangunan di daerah ini pada 2019 yang difokuskan pengentasan kemiskinan.

"Fokus pembangunan Sleman pada 2019 masih pada pengentasan kemiskinan," kata Bupati Sleman Sri Purnomo, di Sleman, Senin.

Menurut dia, Pemkab Sleman berencana membangun sejumlah proyek besar. "Sejumlah pembangunan berskala besar sedang disiapkan untuk tahun depan. Beberapa proyek yang akan dibangun seperti rumah sakit dan tempat pembuangan akhir (TPA)," katanya.

Ia mengatakan Pemkab Sleman akan mengembangkan sektor wisata bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Diharapkan perencanaan pembangunan 2019 dapat dilakukan dengan lebih cermat dan terkoordinasi," katanya.

Sri Purnomo berharap seluruh perangkat daerah mampu menyiapkan program kerja yang sesuai dengan visi dan misi pemkab.

"Saya berharap perangkat daerah dapat menyusun program dan kegiatan yang benar-benar mendukung pencapaian indikator tujuan, indikator sasaran dan indikator program di RPJMD," katanya.

Ia mengatakan, perencanaan yang komprehensif harus diarahkan untuk dapat mendukung sektor-sektor unggulan yang dimiliki Sleman. Hal itu dinilai penting agar sektor unggulan dapat diberdayakan demi terwujudnya kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.

"Jika perencanaan dilakukan dengan kurang cemat dan tidak mempertimbangkan kebutuhan maka bisa dipastikan kinerja program tidak optimal bahkan mengalami kegagalan. Saya tidak mau itu terjadi," katanya.

Sekretaris Bappeda Kabupaten Sleman Arif Setio Laksito mengatakan terdapat sembilan prioritas dalam RKPD 2019 yang meliputi pendidikan, kesehatan, penanggulangan kemiskinan, infrastruktur, pengembangan potensi lokal, lingkungan hidup, peningkatan pendapatan masyarakat berpenghasilan rendah, tata kelola pemerintah serta budaya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sleman Sumadi mengatakan dengan ditetapkannya prioritas dalam rancangan awal RKPD tahun 2019 diharapkan secara strategis mampu menjawab tantangan pembangunan yang kian dinamis.

"Selain itu diharapkan juga dapat memenuhi hak-hak dasar masyarakat Kabupaten Sleman dengan memperhatikan prinsip keadilan, berkesinambungan dan berkelanjutan dengan bentuk kegiatan yang lebih terukur dan inovatif," katanya.

Menurut dia, pada rancangan awal RKPD tahun 2019 ini tema yang diangkat adalah mengembangkan potensi lokal daerah menuju kemandirian dan kesejahteraan masyarakat Sleman yang berbudaya.

"Sedangkan tematiknya adalah pengentasan kemiskinan, daya saing ekonomi lokal, dan mengatasi ketimpangan antarwilayah di Sleman," katanya.

Sumadi mengatakan ketiga item tersebut diharapkan menjadi fokus dalam diskusi perencanaan awal RKPD juga menjadi indikator dalam mensinergikan sembilan prioritas pembangunan dalam RKPD tahun 2019.

"Penyusunan rancangan awal RKPD pada tahun 2019 ini merupakan kesempatan awal bagi masyarakat dan Pemkab Sleman untuk menyusun perencanaan partisipasif," katanya.

(U.V001)

Baca lagi lanjutan nya http://ift.tt/2GvFCBu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sleman menyiapkan skala prioritas pembangunan pada 2019"

Post a Comment

Powered by Blogger.