Search

Kodim 0731 melakukan gerakan tanam padi di Lendah

Kulon Progo (Antaranews Jogja) - Komando Distrik Militer 0731 Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, bersama Dinas Pertanian dan Pangan melakukan gerakan tanam bersama di Bulak Lor Bangeran, Bonosaro, Kecamatan Lendah.

Dandim 0731 Kulon Progo Letkol Armed Teguh Tri Prihanto Usman di Kulon Progo, Sabtu, mengatakan kegiatan tanam padi ini dalam rangka percepatan tanam masa tanam (MT) II 2018.

"TNI berkomitmen membantu pemerintah melalui pendampingan Kementerian Pertanian dalam mewujudkan swasemda pangan, salah satunya padi," kata Teguh usail melalukan gerakan tanam di Lendah.

Ia mengatakan Kodim 0731 selalu siap membantu petani, terutama tanam padi. Namun demikian, pendampingan TNI tidak hanya saat tanam, tapi mulai dari pengolahan lahan, tanam, pemeliharaan hingga pemasaran.

"Kemarin, kami melaksanakan pembersihan gulma di Temon, dan saat ini melakukan gerakan tanam. Jadi kami melakukan pendampingan dari proses pengolahan sampai pemasaran," katanya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo Bambang Tri Budi mengatakan kegiatan hari ini merupakan salah satu wujud implementasi dari upaya khusus swasembada pangan yang ada di Kabupaten Kulon Progo.

Kegiatan gerakan tanam merupakan salah satu wujud kerja sama antara Dinas Pertanian dan Pangan dengan TNI, dan petani. Bentuk kerja sama ini akan sangat memberikan manfaat dan semangat kepada petani.

"Kegiatan gerakan tanam hari ini dalam rangka memberikan contoh untuk daerah lain supaya melakukan percepatan tanam, sehingga kami berharap keserempakan tanam dan keserempakan panen dapat memberikan manfaat di Kulon Progo, khususnya dalam pengendalian organisme pengganggu tanaman," katanya.

Bambang mengatakan pendampingan TNI, tidak hanya komoditas padi, tapi juga komoditas jagung, kedelai, cabai dan bawang merah.

"Pendampingan atau fasilitasi TNI terhadap pertanian di Kulon Progo dari hulu sampai hilir," katanya. 

(U.KR-STR)

Baca lagi lanjutan nya http://ift.tt/2nI4s8H

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kodim 0731 melakukan gerakan tanam padi di Lendah"

Post a Comment

Powered by Blogger.